silahkan posting disiniFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui atau segala sesuatu yang yang diketahui berkenaan dengan suatu hal (KBBI, 2007). Dengan demikian ilmu pengetahuan adalah pengetahuan suatu bidang berdasarkan hasil tahu. Dalam Encyclopedia of Philosophy, pengetahuan didefinisikan sebagai kepercayaan yang benar (knowledge is justified true belief). Pengetahuan itu harus benar, kalau tidak benar maka bukan pengetahuan tetapi kekeliruan atau kontradiksi. Pengetahuan merupakan hasil suatu proses atau pengalaman yang sadar. Pengetahuan Ilmiah atau Ilmu (Science) pada dasarnya merupakan usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense, suatu pengetahuan sehari-hari yang dilanjutkan dengan suatu pemikiran cermat dan seksama dengan menggunakan berbagai metode.
Ilmu Pengetahuan semakin berkembang pesat pada era informasi dewasa ini, baik dalam jumlah maupun jenis, dalam kapasitas maupun kualitas. Makin tersebarnya tekhnologi dan makin mudahnya akses informasi membuat Ilmu Pengetahuan semakin merata diantara manusia. Tak terelakan bahwa dengan terus berkembangnya tekhnologi itu, sangatlah terasa Ilmu Pengetahuan kini amat berlimpah. Setiap kali ada perkembangan ilmu pengetahuan, kita segera mengetahuinya. Hal-hal yang mendorong perkembangan ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut :
1. Rasa ingin tahu dan sikap kritis
Salah satu sifat manusia adalah cenderung ingin tahu, dan pengetahuan manusia tersebut mempunyai tujuan tersendiri, diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup;
b. Mengembangkan arti hidup;
c. Mempertahankan kehidupan
d. Mencapai tujuan hidup
Ilustrasi berikut menggabarkan gejala mengetahui pada manusia.
 Pada suatu saat, manusia ingin mengetahui sesuatu tentang dirinya, dunia sekitarnya, orang lain, yang baik dan yang buruk, yang indah dan jelek, dan macam-macam lagi.
 Jika ingin mengetahui sesuatu, tentu ada suatu dorongan dari dalam diri manusia yang mengajukan pertanyaan yang perlu jawaban yang memuaskan keingintahuannya. Dorongan itu disebut rasa ingin mengetahui.
 Sesuatu yang diketahui manusia disebut pengetahuan. Pengetahuan yang memuaskan manusia adalah pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang tidak benar adalah kekeliruan. Keliru sering kali lebih jelek dari pada tidak tahu. Pengetahuan yang keliru dijadikan tindakan/perbuatan akan menghasilkan kekeliruan, kesalahan dan malapetaka.
 Sasaran atau objek yang ingin diketahui adalah sesuatu yang ada, yang mungkin ada, yang pernah ada dan sesuatu yang mengadakan. Dengan demikian manusia dirangsang keingintahuannya oleh alam sekitarnya melalui indranya dan pengalamannya.
 Hasil gejala mengetahui adalah manusia mengetahui secara sadar bahwa diatelah mengetahui maka disebutlah ilmu pengetahuan.
Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa manusia itu selalu merasa ingin tahu berkenaan dengan dirinya, alam sekitar, pertumbuhan, atau pergantian yang sedang terjadi. Misalnya, kenapa dengan adanya internet proses pengiriman surat sudah bisa diterima dengan jangka waktu yang singkat? Tentunya manusia akan mengungkap keingintahuannya dengan mengadakan penelitian terhadap masalah yang dihadapinya, sehingga memperoleh jawaban yang dapat memuaskan keingintahuannya. Dengan demikian ilmu pengetahuan berkembang.
Teori atau ilmu yang sudah ada kadang tak memuaskan, atau kebenaran teori yang ada diragukan.
2. Interaksi fakta dan teori
Ilmu pengatahuan mempunyai konsep tersendiri yaitu teori dan fakta. Teori merupakan alat ilmu pengetahuan yang memberi petunjuk untuk mengungkapkan fakta, dan fakta adalah hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris, sehingga dikatakan teori dan fakta berhubungan. Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi berkat interaksi antara fakta dan teori (S. Nasution, 1991). Fungsi teori antara lain :
a. Teori mengarahkan perhatian
Teori memberikan arah kepada penelitian, membatasi fakta-fakta yang dikumpulkan, dan menentukan fakta-fakta yang relevan bagi penelitian.
b. Teori merangkum pengetahuan
Teori merangkum fakta-fakta sehingga fakta lebih mudah dipahami.
c. Teori meramalkan fakta
Teori dicoba untuk meramalkan kejadian yang akan dating dengan mempelajari kondisi-kondisi yang menuju kepada kejadian itu.
Fungsi fakta diantaranya sebagai berikut :
a. Fakta dapat merupakan alasan untuk menolak teori yang ada
Tiap teori harus cocok dengan fakta. Bila fakta tidak sesuai dengan teori yangberlaku, maka teori itu harus ditolak atau dirumuskan kemabli dengan perhitungan fakta yang tadinya belum tercakup dalam teori itu.
b. Fakta menyebabkan lahirnya teori baru
Ada kalanya suatu fakta yang diamati secara kebetulan menimbulkan teori baru.
c. Fakta member dorongan untuk mempertajam atau memperhalus rumusan teori yang telah ada.
Dalam penelitian fakta dan teori berinteraksi dan saling berhubungan. Jika teori sebagai alat dalam ilmu pengetahuan tidak sesuai dengan fakta, fakta tidak sesuai dengan dengan teori maka teori harus ditolak atau dirumuskan kembali. Oleh karena adanya interaksi antara fakta dan teori ilmu pengetahuan (science) berkembang.
Jadi, sikap ingin tahu, kritis manusia dan interaksi fakta dengan teori telah mendorong perkembangan ilmu pengetahuan.











Barang siapa ingin meningkatkan hasil untuk apa saja yang sedang ia tekuni, membutuhkan kegiatan penelitian (S.Artikunto, 1996).


Menyadari bahwa teori itu (sebagai ilmu
pengetahuan) adalah ciptaan manusia
hendaknya kita selalu kritis terhadapnya
baik dalam “kelengkapannya” maupun
“kepentingan” di balik ilmu
pengetahuan.

Ilmu atau Sains merupakan komponen terbesar yang diajarkan dalam semu astrata pendidikan. Walaupun telah bertahun-tahun mempelajari ilmu pengetahuan ilmiah tidak digunakan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari.


Tujuanmanusiamempunyaipengetahuanadalah:
1.Memenuhikebutuhanuntukkelangsunganhidup
2.Mengembangkanartikehidupan
3.Mempertahankankehidupandankemanusiaanitusendiri.
4.Mencapaitujuanhidup


PengetahuanilmiahatauIlmu, adalahpengetahuanyang diperolehdengancarakhusus, bukanhanyauntukdigunakansajatetapiinginmengetahuilebihdalamdanluas untuk mengetahuikebenarannya, tetapimasihberkisarpadapengalaman.

Pengetahuan
Ilmiah Ilmiah
•PengetahuanIlmiahatauIlmu(Science) padadasarnyamerupakanusahauntukmengorganisasikandanmensistematisasikancommon sense, suatupengetahuansehari-hariyang dilanjutkandengansuatupemikirancermatdanseksamadenganmenggunakanberbagaimetode.
•Ilmumerupakansuatumetodeberfikirsecaraobjektifyang bertujuanuntuk menggambarkandanmemberimaknaterhadapgejaladanfaktamelaluiobservasi, eksperimendanklasifikasi.
•Ilmuharusbersifatobjektif, karenadimulaidarifakta, menyampingkansifatkedirian, mengutamakanpemikiranlogikdannetral.

0 komentar:

Posting Komentar

komentar disini ya!!!

 
Template designed using TrixTG